sucikan hati

sucikan hati

Search

Sabda Rasulullah saw :


“Tuhan kita Yang Maha Luhur dan Maha Agung turun setiap malam kepada langit dunia ketika sepertiga malam terakhir, seraya menyeru : Adakah yang menyeru Ku maka Aku akan menjawab untuknya, adakah yang memohon pada Ku maka Aku akan memberinya, adakah yang beristighfar pada Ku maka akan Kuampuni untuknya” (Shahih Bukhari)

Senin, 06 September 2010

Keutamaan Hari Jum’at

Islam memberikan penghargaan terhadap hari Jum’at. Sementara semua hari dalam seminggu adalah milik Allah, hari Jum’at menunjukkan keutamaannya.
Perhatikanlah hadis-hadis berikut.
1. Imam Musa Kazhim as mengatakan, “Allah menciptakan para nabi dan washi—salam atas mereka semua—pada hari Jum’at.” (Bihar al-Anwar, jil.15, hal.22 diriwayatkan dari Bashâir ad-Darajât)
2. Imam Muhammad Baqir as meriwayatkan, “Jum’at dinamakan sebagai Jum’ah (جمعه) lantaran pada hari itu Allah mengumpulkan seluruh makhluk dan mengambil satu perjanjian dengan mereka menyangkut keesaan-Nya, kenabian Nabi Muhammad saw, dan wilayah Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as (Tahdzib al-Ahkam, oleh Syekh Thusi ra, jil.3, hal.3)
3. Nabi saw menyabdakan, “Hari Jum’at adalah hari ibadah. Jadi, sembahlah Allah sebanyak mungkin pada hari itu.” (Bihar al-Anwar, jil.59, hal.18-19)
4. Imam Ja’far Shadiq as mengatakan, “Hari Jum’at adalah hari raya bagi kaum Muslim. Pahalanya lebih besar daripada hari Idul Fitri dan hari Idul Adha. Hari raya terbesar adalah hari raya al-Ghadir yang jatuh pada 18 Dzulhijjah dan bahkan kejadian Idul Ghadir terjadi pada hari Jum’at. Al-Qa’im (Imam Mahdi) kami akan muncul kembali pada hari Jum’at. Bahkan hari kiamat akan terjadi pada hari Jum’at.” (Bihar al-Anwar, jil.59, hal.26).
5. Nabi saw bersabda, “Hari Jum’at adalah penghulu semua hari.” (Bihar al-Anwar, jil.40, hal.47)
6. Imam Muhammad Baqir as berkata, “Keutamaan hari Jum’at di bulan Ramadhan dari hari Jum’at di bulan-bulan lain seperti keutamaan Nabi saw dari para nabi yang lain.” (Wasa’il asy-Syi’ah, jil.10, hal.363)
7. Dalam hadis yang panjang yang berasal dari Imam Ali Hadi as disebutkan bahwa masing-masing hari mempunyai pemiliknya. Disebutkan dalam hadis itu, pemilik hari Jum’at adalah Imam Mahdi as.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar